Sabtu, 21 Januari 2012

kayak di film-film (cerpen)

“il udah belom milihnya?” tanya reza dan gue melihatnya telah mengambil beberapa camilan dan minuman bersoda serta sekaleng kopi instan
“belum.. bentar gue ngambil fanta dulu” dengan tergesa gue lagsung mengambil fanta dengan botol paling jumbo, bisa dipastiin semalam bisa habis sama gue
Setelah selesai milih-milih makanan ringan untuk dilahap malam ini, gue dan rezapun langsung menuju ke kasir untuk membayar belanjaan ini. gue lihat reza meraba-raba saku belakang celananya
“kenapa?” tanya gue
“aduh.. dompet gue ketinggalan nih, lo yang bayarin dulu yah” ucap reza
“wah.. alesan loe” gue bener-benger nggak percaya dengan ucapanya barusan,”bilang aja mintak bayarin”
“beneran lho il, dompet gue tinggal”
Karena nggak mau malu di depan kasir, terpaksa deh gue yang bayarin nih anak. Nggak mungkin juga gue selidiki reza sampai meriksa saku-saku baju dan celananya segala, bisa-bisa kenak usir satpam deh gue
Pulangnya reza yang ngonceng gue sambil bawa belanjaan dua kantong besar, yang satu punya reza sedangkan yang satunya lagi punya gue.
Nah, ini nih kebiasaan keluarga saat menjelang lebaran, atau lebih tepatnya kebiasaan gue ama reza sih. Menjelang malem takbiran gue sering pesta kecil bareng reza di kamar gue, kayak pesta piama gitu. Reza tidur di kamar gue, bergadang semleman sambil ngerjain hal nggak penting dan ngobrol-ngobrol seadanya
Gue lariin deh tuh kantong camilan langsung ke kamar gue, kalo si bungsu fany udah ngelihat nih kantong pasti jatah gue bakalan di comot ama tuh anak. Beberapa saat setelah gue sampai di kamar, reza pun membuka pintu dan membawa perlengkapan tidurnya, sebuah bantal, guling ama selimut. Bagi dia sih nggak masalah gue suruh tidur dibawah, yang penting pesta. Masalahnya gue males banget tidur ama nih anak, soalnya kalo tidur ama gue, gue pasti pagi-pagi udah jadi pergedel
“wah.. asyk-asyk..” sorak reza sambil membuka beberapa biskuit yang ia beli. Ups, maksudnya ‘gue beli’. Lalu memasukkan dua potong besar ke mulutnya
Sedangkan gue, langsung ngebuka tutup fanta dan meminumnya, dalam dua kali deguk tuh botol fanta yang super jumbo langsung tinggal setengah (hebat kan gue? #bangga loe)
Biasalah, kalo cowok-cowok itu bahasanya mengenai cewek, makanan enak ama itu yang namaya emak-emak yang super bawel kalo lagi nasehatin. Habis itu dengerin lagu, sampai nonton bola bareng dengan tv kecil di kamar gue. Meskipun kami tidak benar-benar suka ama yang namanya bola, tapi tak apalah sekedar untuk mengabiskan pertengahan malam
Jam dinding sudah menunjukkan pukul setengah dua, nggak mungkin kan kita nggak tidur sama sekali. Lagian nanti jam setengah empat gue juga pasti dibangunin sahur ama si mamah
“za gue tidur dulu, mata gue udah 5 watt nih” ucap gue sambil menarik selimut sampai ke bawah dagu
“sama gue juga mau tidur, gue matiin lampu ya” ucap reza lalu mematikan lampu kamar gue dan menghidupkan lampu tidur yang remang-remang
***
Entah apa yang menggoyang perut gue, tapi tiba-tiba sakit dan asam lambung gue mulai naik. Tanpa berfikir panjang dengan katuk yang ada, gue langsung berlari ke kamar mandi yang berada di sudut kamar gue dan langsung menuju westafle, ternyata gue muntah
Satu hal yang buat gue shock, ternyata gue muntah darah!! Bayangin coba gimana paniknya gue, bayangin!! (entah loe bisa ngebayangin ato nggak). Beberapa fikiran berkecamuk dalam benak gue, mulai dari gue menderita kanker atau TBC, tapi kalo TBC nggak mungkin, yang gue tau dari film-film kalo TBC itu batuk dulu baru keluar darah, lha kalo gue muntah dulu baru keluar darah. Satu-satu fikira gue adalah kanker
Gue cuci nih mulut dan langsung membangunkan reza
“za.. za… bangun..!” rengek gue kayak anak kecil sok manja,”gue muntah darah za” ucap gue histeris banget
Reza mendengar itu langsung tersduduk dengan keadaan mata yang terpejam,”apa?!” tanyanya
“iya.. gue muntah darah, gue sakit kanker ya sebenernya dan mama nyembunyiin ini dari gue kayak di pilem-pilem gitu?” tanya gue sok dramatis lagi-lagi kayak di film-film, berhubung gue pernah beberapa kali nonton sinetron dan akhirnya kebawa deh suasananya. Tau nggak loe? Filmnya ada beberapa yang bagus ada juga yang jelek, kalo soal cinta-cintaan mah banyak yang mewek (kok malah bicarain film sih?! -_-‘ lanjut)
Reza pun akhirnya sepenuhnya bangun saat mendengar penjelasan gue
“oh.. muntah darah” reza mengulangi ucapan gue dengan enteng banget, seolah nggak akan ngaruh ama dia kalo gue sakit kanker
“kenapa gitu sih respon loe? Cemasan dikit napa” tanya gue
“apa yang mau di cemasin coba… emang yang merah itu Cuma darah doang? Nggak tau, dasar dodol loe ah. Loe itu masuk angin palingan” ucap reza
“masuk angin gimana?” tanya gue bener-bener nggak ngerti. Gini nih kalo punya kakak calon dokter gadungan, mana ada coba Cuma masuk angin biasa sampe muntah darah,”setau gue dari pilem-pilem kalo muntah darah itu sakit kanker”
“loe kan tadi minum fanta adekku nggak tercayang… jelas aja lo muntah tapi namanya bukan muntah darah, muntah fanta. Makanya kalo minum minuman bersoda jangan berlebihan, masa iya semalem ngabisin sebotol besar fanta” cerepet reza panjang lebar
“gitu ya?” tanya gue balik seolah memahami apa yang diucapkan reza padahal nggak ada yang direkam, palingan Cuma ‘gue masuk angin’ yang keinget di memory otak gue yang udah kepenuhan pelajaran (banggan banget gue bilang gitu, nilai aja pas KKM)
“lah iya, mendingan loe cari tuh yang namanya obat demam di kotak obat, bisa gue pastiin loe nggak puasa besok karena demam” ucap reza lalu kembali tidur
“ya udah kalo si mamah bangunin buat sahur bilangin gue demam” ucap gue ke reza lalu kembali ke tenpat tidur tak ingin meminum obat supaya lama demamnya dan nggak puasa besok (kapan lagi coba puasa gue nggak pernah bolong… mau coba gimana rasanya nggak puasa sehariii aja, kan nggak dosa kalo sakit.. alesan)
“iya-iya” sahut reza
“berutung dah besok nggak puasa, bisa makan makanan tadi malem yang masih ada” gumam gue sendiri
***
Siang itu gue Cuma males-malesan di ruang tamu sambil tidur di sofa, reza ada di kamarnya lagi tidur (itu sih informasi yag gue dapet sejam yang lalu). Kalo mamah, nemenin si bungsu beli baju buat hari raya. Buat gue sih nggak penting-penting amet mikirin baju baru yang mau di pakek buat idul fitri, soalnya dari tahun ke tahun gue Cuma makek baju coco ama sarung, palingan Cuma model ama warnanya aja yang beda. Itu mah cowok, kalo adek gue yang cewek ribetnya nggak nanggung. Mulai dari baju muslim perempuan model baru sampe mukenah yang beli terus tiap tahunnya, sampe-sampe gue bingung, tuh adek gua pelajar atau tukang jual mukena
Tiba-tiba pintu di ketok, gue Cuma bisa bilang ‘masuk’ karena sumpah gue males banget berdiri. Orang itupun membuka pintu lalu masuk, ternata thela. Siapa lagi coba, tau kan thela? Pacarnya abang gue
“hy il.. rezanya ada?” tanyanya langsung to the point. Kenapa nih anak nggak nanyain keadaan gue gimana sih, apa nggak lihat gue sakit kali ya? Nggak perhatian banget sih nih cewek sebagai calon kakak ipar gue
“ada noh di kamar, lagi tidur” jawab gue asal, meskipun betul
“oh.. ya udah.. nih ada titipan dari gue buat reza, gue taroh di atas meja yah” ucap thela meletakkan sesuatu di atas meja
“apaan tuh?” tanya gue penasaran
“kolak, gue buat sendiri.. sekarang kan hari terakhir puasa, jadi yah gue bela-belain buat untuk si reza” jawab thela disertain alasan
“oh.. gue boleh coba nggak?” tanya gue
“emag loe nggak puasa? Lagi PMS?” goda thela
“gue sakit thela. Masa iya sih..” gerutu gue
“nggak boleh, ini buat pacar gue” ucapnya
Beberapa detik kemudian, tiba-tiba…
“aw…” terdengar jeritan thela, gue fikir tuh anak palingan Cuma di cakar kucing tetangga gue yang lagi bertamu ke rumah kucing gue dan rumah kucing gue ya di rumah gue (ribet banget). Intinya kucing tetangga gue lagi bertamu ke rumah gue
“aduh il.. hembusin mata gue donk.. kemasukan sesuatu nih..” thela berjalan dengan sebelah mata yang tertutup
Gue pun duduk meskipun rada pusing lalu meniup pelan mata thela
#brught… trangggg… trongggg… plakkk… tumpang… (bayangin aja bunyinya)
Tiba-tiba pintu terbuka dan gue melihat lala, pacar gue yang terlihat kaget. Gue tau apa yang ada di fikiranya saat ini, pasti dia kira gue pacaran ama thela. Mampus gue. Lala langsung aja balik kanan kayak tentara dan berlari kayak orang cemburu di film-film itu lho.. dramatis banget
“sory il.. gue kejer lala dulu” ucap thela yang langsung pergi
Sebenernya gue mau ngejer lala, tapi dia pasti nggak mau denger penjelasan gue (kayak di film-film). Gini nih pengaruh film indonesia yang sering di contoh ama remaja-remaja, sok nggak mau nerima penjelasan. Nah kalo udah terungkap keadaan aslinya nanti bakalan malu sendiri. Gue urungkan niat buat ngejar tuh cewek gue, palingan besok udah baikan, kan besok lebaran
***
Sorenya gue dapet pesan dari lala yang isinya
ELOH. GUE. END.
Gimana nggak schok coba, masa iya dia mutusin gue yang ganteng, alim, baik, rajin dan segala hal yang baek-baek ada ama gue (yang jeleknya nggak udah di sebutin). Mana mungkin, fikiran gue tuh cewek lagi sensian, masih nggak percaya gue kalo cowok se perfect gue di putusin ama cewek
Gue langsung lari ke kamar dan menelphon lala, tapi dia mematikan sambungan sebelum sempat mengangkatnya. Gue telphon lagi dan lagi tapi tetep nggak diangkat. Wah, kalo udah gini berarti udah gazwad abis nih… hubungan gue udah diujung tebing
Udah gue bayangin apa aja yang akan gue lakuin supaya nggak jadi putus sama lala, tapi dari rencana-rencana tersebut gue perlu menyeleksi satu persatu. Pertama, gue ngebujuk lala ke rumahnya tapi rencana ini gue batalin, bisa-bisa diusir secara terang-terangan gue habis itu jidat gue kepentok ama pintu rumahnya. Kedua ngediemin lala apa adanya, tapi yang ini jelas-jelas nggak bisa, karena ini bisa buat gue nggak akan tegur sapa ama dia selama setahun sampe lebaran tahun depan. Ketiga, minta maaf, gue kan nggak salah ngapain harus mintak maaf coba. Dan terakhir, gue fikir rencana yang ini yang paling manjur binti manjur jur jur. Pura-pura mau bunuh diri, meskipun nggak ada minat sama sekali buat bunuh diri tapi sekedar pura-pura kayaknya nggak papa. Lagian gue juga takut mati cepet-cepet, masalahnya dosa gue masih banyak banget, lagian kalo gue mati hari ini berarti gue nggak bisa nyicipi kue lebaran besok
Rencana dimulai dengan berdiam diri di kamar sampe malem, nggak ikut buka bareng di meja makan meskipun perut gue berontak karena cacingnya belom pada dikasih makan. Terdengar reza mengetuk pintu kamar gue
“il.. nggak ikut buka?” tanya reza
“nggak” jawab gue sok ketus,”gue meu bunuh diri” sekedar buat pamer kalo gue mau bunuh diri
“lha? Ngapain lo mau bunuh diri” tanya reza
“DIPUTUSIN LALA” teriak gue
“terus cara loe bunuh diri pakek apa?” tanya reza lagi
Sejenak gue berfikir, pakek apa ya? Kenapa nggak gue fikirin sih tadi pakek apa gue bunuh diri. Aduh… nggak mungkin kan nusuk perut pakek pensil apalagi kalo sekedar jatoh dari tempat tidur. Nah, saat-saat seperti ini pengaruh film-film yang gue dapet berguna banget dan otomatis gue menjawab
“minum racun serangga”
“0…” reza hanya meng-o panjang,”kenapa nggak loncat dari balkon kamar loe aja il? Atau nacepin pisau ke perut loe? Kan lebih cepet matinya” ucap reza
Sial, bukaya bujuk gue. Eh nih anak malah ngedukung gue bunuh diri
“kenapa diem? Nggak tau gimana caranya? Biar gue bantuin deh.. bentar yah gue ambil pisau dapur yang paling tajem dulu” ucap reza lalu gue dengar langkah kakinya pergi
Aduh.. mampus gue, rencananya kan buat ngebujuk lala supaya mau balikan lagi sama gue tapi ngapain jadi si reza yang dukung rencana gue buat bunuh diri? Pekek dibantuin pula lagi segala
“il bukak pintunya” ucap reza beberapa saat kemudian
Gue ragu-ragu mau bukain nih pintu apa nggak, tapi firasat gue bener-bener nggak enak. Bisa aja dia nggak ngucapin selamat tinggal dan langsung bunuh gue waktu gue keluar dari kamar. Aduh, gimana nih?
Ragu-ragu gue berjalan ke pintu dan membukanya dengan kepala tertunduk, mata terpejam dan siap untuk mati sesungguhnya. Satu detik, dua detuk sampe gue ngitung ke 30 detik belum juga si reza ngebunuh gue. Perlahan gue buka mata sebelah kanan dan melihat beberapa kaki di bawah gue lalu gue buka lagi mata satunya. Gue melihat keatas dan
“suprize….. happy birtday ilham… happy birthday ilham…” mereka bernyanyi bersama-masa
Gue melihat lala yang memegang kue, thela yang megang balon dan reza yang memegang pisau kue yang super nggak tajem, lalu mama, fany yang bertepuk tangan dan papa. huUft, jadi gue dikerjain, sumpah gue lupa kalo sekarang gue ulang tahun, yang keinget Cuma besok lebaran ama keadaan gue yang agak demam
“sory ilham… gue nggak niat ngerjain loe, tapi ini idenya pacar loe” ucap thela sambil cipika-cipiki dan bersalaman ama gue yang masih sok schok
“HBD ea dek” ucap reza disertai ucapan dari fany, mama dan papa sesudahnya
“maaf ya say..” ucap lala yang nggak bisa meluk gue karena ada kue
Gue Cuma nyengir-nyengir nginget rencana bodoh gue buat pura-pura bunuh diri. Kalo kayak gini mah nggak usah capek-capek nyusun recana tadi. Aduh… lagi-lagi nih cerita kayak di pilem-pilem yang pernah gue tonton

1 komentar: